What is Kontruktivisme ?
Pendidikan
sudah dianggap sebagai kebutuhan dasar pada masa sekarang. Keberhasilan dalam ranah pendidikan tidak
hanya dilihat dari seberapa besar usaha siswa untuk belajar. Tapi, peran guru
dalam proses belajar mengajar juga sangat menentukan keberhasilan. Untuk itu,
guru memerlukan ssebuah teknik-teknik tertentu yang dapat digunakan untuk
kegiatan belajar mengajar. Dalam hal kegiatan belajar mengajar, tidak lepas
dari kaca mata psikologi. Psikologi
membantu untuk menginspirasi guru dalam menentukan metode-metode yang tepat
untuk digunakan dari kegiatan belajar mengajar. Guru memerlukan berbagai
keterampilan untuk mengajar. Keterampilan mengajar dapat menambah efektifitas
proses pembelajaran. Dengan menerapkan ilmu psikologi khususnya dalam bidang
pendidikan, diharapkan akan membuahkan hasil yang optimal. Disini penulis
tertarik dengan salah satu pendekatan psikologi yaitu pendekatan
konstruktivisme. Dimana, tidak hanya mebantu guru untuk mendapat keefektifan
mengajar, namun juga dapat menjadikn siswa lebih berperan aktif dalam mengikuti
kegiatan belajar mengajar. Tidak hanya menjadi kertas kosong yang hanya
menggantungkan tinta untuk memwarnainya.
Kontruktivisme
yaitu pendekatan untuk pembelajaran yang menekankan bahwa individu akan belajar
dengan baik apabila mereka secara aktif mengkontruksi pengetahuan dan pemahaman
mereka sendiri. Jadi menurut pendekatan ini, keaktifan siswa dalam proses
pembelajarn dijadikan sebagai sumber energy dalam kegiatan belajar mengajar.
Guru berperan sebagai fasilitator yang menyediakan layanan-layanann yang
mendorong siswa mengembangkan potensinya sendiri. Manusia bertindak terhadap sesuatu berdasaran
makna-makna yang muncul pada diri mereka. Makna tersebut dicerna dan
disempurnakan saat proses nteraksi social berlangsung. Berbagai makna
senantiasa mengiringi tindakan social.sedangkan arti sebuah makna terkait pada
kontruksi social. Sesuatu yang dikontruksikan secara social adalah sesuatu yang
dibangun berdasarkan komunikasi dan interaksi antar individu.
Daftar Pustaka :
Santrock, J.W. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta : Kencana Pernada Media Group
Daftar Pustaka :
Santrock, J.W. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta : Kencana Pernada Media Group
0 komentar:
Posting Komentar