Kamis, 16 November 2017

PENDEKATAN KONTRUKTIVISME



What is Kontruktivisme ?

Pendidikan sudah dianggap sebagai kebutuhan dasar pada masa sekarang.  Keberhasilan dalam ranah pendidikan tidak hanya dilihat dari seberapa besar usaha siswa untuk belajar. Tapi, peran guru dalam proses belajar mengajar juga sangat menentukan keberhasilan. Untuk itu, guru memerlukan ssebuah teknik-teknik tertentu yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Dalam hal kegiatan belajar mengajar, tidak lepas dari kaca mata psikologi.  Psikologi membantu untuk menginspirasi guru dalam menentukan metode-metode yang tepat untuk digunakan dari kegiatan belajar mengajar. Guru memerlukan berbagai keterampilan untuk mengajar. Keterampilan mengajar dapat menambah efektifitas proses pembelajaran. Dengan menerapkan ilmu psikologi khususnya dalam bidang pendidikan, diharapkan akan membuahkan hasil yang optimal. Disini penulis tertarik dengan salah satu pendekatan psikologi yaitu pendekatan konstruktivisme. Dimana, tidak hanya mebantu guru untuk mendapat keefektifan mengajar, namun juga dapat menjadikn siswa lebih berperan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tidak hanya menjadi kertas kosong yang hanya menggantungkan tinta untuk memwarnainya.
Kontruktivisme yaitu pendekatan untuk pembelajaran yang menekankan bahwa individu akan belajar dengan baik apabila mereka secara aktif mengkontruksi pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri. Jadi menurut pendekatan ini, keaktifan siswa dalam proses pembelajarn dijadikan sebagai sumber energy dalam kegiatan belajar mengajar. Guru berperan sebagai fasilitator yang menyediakan layanan-layanann yang mendorong siswa mengembangkan potensinya sendiri.  Manusia bertindak terhadap sesuatu berdasaran makna-makna yang muncul pada diri mereka. Makna tersebut dicerna dan disempurnakan saat proses nteraksi social berlangsung. Berbagai makna senantiasa mengiringi tindakan social.sedangkan arti sebuah makna terkait pada kontruksi social. Sesuatu yang dikontruksikan secara social adalah sesuatu yang dibangun berdasarkan komunikasi dan interaksi antar individu. 

Daftar Pustaka :
Santrock, J.W. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta : Kencana Pernada Media Group 

0 komentar:

Posting Komentar