KASUS
Crack The Case ( Kelas Kontruktivis )
Sue, adalah seorang guru grade dua yang baru dan penuh semangat. Dia percaya bahwa murid harus aktif mengkontruksi sendiri pengetahuan mereka, dan mereka harus bekerja sama untuk melakukannya. Ia membuat keputusan tentang beberapa hal yang akan dilakukannya tahun ini.
1) Dia harus menggunakan scaffolding pada murid jika materinya baru.
2) Dia menggunakan tutoring teman sebaya, tujuannya karena dengan teman sebaya ia lebih muda untuk mendapat pengetahuan dan pemahaman.
3) Dia mengelompokkan murid dalam kelompok yang heterogen (kemampuan, gender, etnis, dan status sosio ekonomi) dan murid diberi peran masing-masing.
4) Pendekatan jigsaw (ada satu pakar dalam pelajaran tertentu dan berbagi kepakarannya.
Kelebihan
Kerja kelompok ditekankan untuk mencari cara yang berbeda guna mendapatkan jawaban yang sama dalam satu persoalan.
Kelemahan
1) Keluhan siswa dengan perkataan “kelompok lagi, kelompok lagi”, kok aku harus belajar dengannya, dia tulalit.
2) Keluhan dari orang tua yang minta agar tidak memberlakukan belajar kelompok dengan murid lain yang mengganggu belajarnya.
0 komentar:
Posting Komentar